Tips Mengusir Ngantuk Tanpa Kopi

KantukMarhadi.Net. Bila merasa rutinitas minum kopi Anda sudah melampaui batas yang wajar, sementara kantuk menyerang, cobalah alternatif lain, yang lebih sehat tentunya. Anda bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi, telur misalnya.
Para ilmuwan menemukan bahwa protein dalam telur, terutama yang ditemukan pada putih telur, juga dapat membantu kita tetap terjaga dan tetap waspada.
Protein ini lebih efektif ketimbang karbohidrat yang ditemukan dalam cokelat, biskuit dan makanan yang mengandung gula. Jenis makanan tersebut memang menambah energi.
Sebaliknya, para peneliti dari Cambridge University telah menguji bagaimana substansi protein berdampak pada sel otak sehingga bisa membuat kita terjaga. Kandungan protein dalam putih telur membangkitkan sel-sel otak, memicu keluarnya kandungan orexin. Sementara gula menghambat keluarnya orexin.
Jadi, jika anda dihadapkan pada pilihan antara roti dengan selai atau roti dengan telur, pilihlah yang terakhir. Meskipun dari dua jenis pilihan tersebut mengandung kalori yang sama, tetapi kandungan protein yang kurang pada roti selai akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori yang dikonsumsi.
Bukan berarti Anda tidak memerlukan asupan gula. Lengkapi kebutuhan gula Anda dengan mengonsumi makanan-makanan yang mengandung kadar gula alami, bukan gula tambahan. Coba saja konsumsi yogurt dan kacang-kacangan, seperti kenari, almond atau kismis.
Kandungan gula alami dan protein akan membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yogurt dingin, dijamin kantuk Anda segera hilang. Sedangkan kacang-kacangan kaya akan lemak omega 3. Lemak tak jenuh tersebut akan dibakar dengan cepat melepaskan tembakan energi. Gula alami dalam kacang juga akan membantu Anda untuk tetap bersemangat.
Satu lagi yang penting Anda konsumsi untuk menangkis serangan kantuk, air putih. Salah satu penyebab rasa kantuk adalah tubuh kita kurang terhidrasi dengan baik. Asupan dua liter air sehari mencukupi kebutuhan tubuh agar tetap terhidrasi.
Ketika cukup cairan, secara otomatis tubuh Anda akan terasa berenergi. Selain karena kurang cairan, faktor yang tak kalah memengaruhi adalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi karbohidrat, seperti nasi dan mi.
Untuk menghindari kantuk di pagi hari, biasakan sarapan setidaknya dua iris roti dan jangan banyak begadang malam hari. Otomatis, Anda akan mengurangi konsumsi kopi di pagi hari.

 

Sumber : http://id.she.yahoo.com

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s