Pesona “Sawarna” Lebak Selatan

SawarnaSiapa sih yang nggak setuju kalau Bali dan Yogyakarta memang dikenal dengan pantainya yang cantik. Tapi, ada juga lho, pantai yang nggak kalah indahnya dari pantai yang ada di kedua tempat tersebut. Yap, Pantai Sawarna.

Berada di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Banten atau kurang lebih 150 Km dari pusat kota Rangkasbitung, tempat ini menawarkan pesona alam pantai yang menakjubkan, lho. Pantainya yang landai dihiasi indahnya pasir putih. Di sepanjang bibir pantai, terdapat karang besar yang  biasa disebut Tanjung Layar, berdiri kokoh diantara  deburan ombak biru yang jernih. Di tambah, barisan bukit yang hijau benar-benar menambah eksotis tempat ini.

Sawarna2

Untuk mencapai ke lokasi ini, dapat ditempuh melalui jalur Serang – Pandeglang – Malimping – Bayah Sawarna atau Rangkasbitung – Cileles – Gunung Kencana – Malimping – Bayah – Sawarna.

Meski belum banyak turis domestik yang tahu tentang pantai ini. Namun, bagi turis asing khususnya peselancar(Surfer) Sawarna merupakan surga baru bagi mereka. Ombaknya yang tinggi memang cocok untuk olahraga extreme tersebut. Nggak heran kalau di pantai ini banyak wisatawan asing dari Eropa, Australia, Korea dan Jepang yang datang ke Sawarna untuk berselancar.

Sekalipun belum ada hotel berkelas maupun sarana penunjang lainnya seperti tempat wisata pada umumnya, tapi nggak mengurangi minat mereka untuk tinggal disini, berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan, lho. Maklum, pantai ini masih dikelola oleh penduduk lokal.

sawarna3

Selain pantai, Sawarna juga terkenal dengan keindahan Gua-nya. Salah satunya adalah gua Laylay yang dihuni ratusan bahkan ribuan kelelawar. Di dalamnya, bisa dilihat berbagai kehidupan satwa dan air jernih yang mengalir menyusuri gua. Juga ada Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Semua Gua di Sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal.

This entry was posted in Populer. Bookmark the permalink.

3 Responses to Pesona “Sawarna” Lebak Selatan

  1. aji says:

    http://hendisuhendi2012.wordpress.com. : Hayu Atuh urang kaditu, siaaap…

  2. Marhadi.Net says:

    Hayu lah…. Malam tahun baruan bae…😉

  3. Elna_DaSKA says:

    Mantap pokok na mah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s