Alasan Mata Pelajaran TIK SMP di Hilangkan di Kurikulum 2013

Posted: 14 March 2013 in Pendidikan

TIKMarhadi.Net. Kurikulum 2013 tinggal menghitung hari. pemerintah tentunya memiliki niat untuk memperbaiki pendidikan guna mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas di masa depan. Adanya niatan kurikulum baru, kurikulum 2013 tidak terlepas pada hal tersebut.

Beberapa mata pelajaran mengalami perubahan. Ada mata pelajaran yang ditambah jam pelajarannya, ada pula mata pelajaran yang disatukan dengan mata pelajaran lain, ada juga yang bahkan dihilangkan seperti mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Persepsi pemerintah menghilangkan TIK, karena beranggapan bahwa para peserta sudah mengenal lebih jauh teknologi seperti pemanfaat komputer, internet dan telekomunikasi. Bagi masyarakat perkotaan hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka, akan tetapi bagi daerah terpencil dan kehidupan keluarga yang ekonomi kebawah hal tersebut bisa dikatakan awam bahkan buta teknologi.

Menurut pendapat ane, penghilangan TIK dari Struktur Kurikulum 2013 alasannya adalah sebagai berikut :

  1. Pemerintah tidak mampu menyediakan fasilitas TIK (Komputer) bagi semua siswa.
  2. Pemerintah takut siswa mahir komputer, jadi takut jadi para hacker.
  3. Dengan penghapusan mapel TIK, secara otomatis guru yang bersangkutan (Honorer, krn 90% guru TIK adalah Honorer) akan berhenti. Ini artinya mengurangi beban pemerintah akan tuntutan para honorer menjadi PNS. (Penghilangan Honorer secara Terstruktur)
  4. Pemerintah menggiring siswa untuk hanya mahir sosial media (facebook, twiter, dll) sementara penguasaan informasi di Internet diabaikan. (Kavitalisme Barat, Motif Ekonomi)

Ini hanya pendapat pribadi lho, bagi yang merasa tersinggung… Maaf-maaf kate ye… Ane hanya ngeluarin unek-unek aje… Hehehee… :)

Comments
  1. didin says:

    setuju sih,,he

  2. Sudah terlalu banyak kesalahan pemerintah dalam pengembangan kurikulum, salah satunya adalah penghilangan TIK.
    Sungguh sangat menyedihkan, jika anak bangsa ini baru mengenal internet ataupun dasar2 komputer sudah dianggap pintar. tapi tidak terpikirkan untuk mengembangkan kemampuan TIK pada diri para peserta didik. Apakah bangsa Ini ditakdirkan sebagai konsumen dalam bidang TIK, Mengapa bukan sebagai produsen….,

    Saya perhatikan perubahan kurikulum selama ini ” Seperti memperbaiki dinding rumah yang sudah rapuh lalu menambalnya dengan pasir yang kurang semen, Seperti mengganti atap rumah dengan genting bekas tetangga.

    • Marhadi.Net says:

      Setuju Kang… Pemerintah beranggapan siswa seluruh Indonesia bisa mengakses teknologi seperti di Kota.. Realita di lapangan anak-anak kita baru mengenal teknologi itu di sekolah terutama Komputer. Amat sangat disayangkan ketika Mapel TIK dihilangkan di Kurikulum 2013. Dinegara lain, penguasaan teknologi sangat diperhatikan, karena saat ini bangsa yang tidak menguasai teknologi akan tergilas oleh jaman. Pemerintah telah menggiring masyarakat Indonesia hanya menjadi konsumen teknologi dengan mematikan kreatifitas anak bangsanya sendiri.

  3. sadad says:

    ya Allah pemerintah ga mikirin nasib guru honor TIK, bsok ganti mentri, mudahan kurikulum berubah lagi, binguuuuung

  4. elva yunita says:

    sabar aja deh… .. kita lihat aja nanti apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk kita guru-guru TIK.. beribu -ribu guru TIK yang harus di pikirkan .. dan kita tidak harus diam menerima nasib..??? tolong Bos – bos besar jangan hanya membuat program-program aja … tapi merugikan banyak orang …!!!!!

  5. rospidawati says:

    heran,kenapa tik yang harus duhapuskan,klo ingin rapat bahas aja tentang kkm,karena justru itu yang membuat nilai pendidikan diindonesia semakin menurun,siswa juga semakin malas, ini kok malah guru yang ditekan,apa mentang 2 honorer ga dianggap!jd dianggap apa pengorbanan selama ini!banyak sabar aja lah buat guru2 tik (cayo semangat)

  6. blablabla says:

    bagi guru TIk yg sdh PNS gada masalah sepertinya, tp bagi guru TIK yg masih GTT atau honorer, banyak berdo’a ya dan yakinlah Alloh pasti melindungi kita

  7. Hamba Allah says:

    Insya Allah, dengan keputusan ini semua guru TIK terutama honorer mendapat jalan terbaik dan dapat menghidupi kehidupan-Nya dari cara yg lebih halal dan mulia

  8. kang paijo says:

    tmn2 mari kt rapatkan barisan utk breng2 mendoakan pak mentri cpt sadar dan dibukakan mata hatinya…., dibukakan kedua pendengarannya,…..agar tdk cm mengejar proyek2 pengadaan buku2 kurikulum 2013 yg msh morat marit dlm implementasinya.amin2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s